COVID VARIAN BARU

WHO sebut Covid varian baru menyebar pesat' di dunia, Bagaimana kasusnya di Indonesia?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Covid varian baru JN.1 “persebarannya meningkat secara pesat” di dunia, termasuk India, China, Inggris, dan Amerika Serikat. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan mengonfirmasi kematian satu orang pasien Covid-19 yang terinfeksi varian ini.

WHO menyatakan bahwa subvarian baru dari strain Omicron, JN.1, adalah variant of interest (varian yang diperhatikan) akibat penyebarannya yang pesat di banyak negara di dunia.

Kendati demikian, WHO memperingatkan publik untuk berhati-hati karena Covid dan infeksi-infeksi lainnya dapat meningkat lainnya menjelang musim dingin di negara Eropa.

Berbagai virus yang menjangkiti saluran penasaran seperti flu, virus pernapasan syncytial (RSV), dan pneumonia anak juga dikabarkan tengah meningkat di belahan bumi utara, sebagaimana dilaporkan wartawan BBC untuk rubrik kesehatan Philippa Roxby.

Pada umumnya, gejala Covid-19 varian ini sama seperti gejala yang dialami jika terinfeksi varian lain.Berat ringannya gejala yang dialami pasien, bergantung pada kekebalan tubuh dan kondisi kesehatan, alih-alih pada varian virus yang menginfeksi.

WHO menambahkan hingga kini bukti masih terbatas tentang bagaimana JN.1 mampu mengalahkan imunitas dari vaksin-vaksin yang ada.

#COVID19